Bulan Dana PMI, Ayo Peduli Sesama


Dear Pembaca blog Catatan Perjalanan

Palang Merah Indonesia memang sudah tidak asing lagi untuk kita. Saya sendiri mengenal PMI ketika saya duduk di bangku sekolah, saat itu ada satu kegiatan ekstrakurikuler yang bernama Palang Merah Remaja. Salah satu kegiatan dari PMR pada ekstrakurikuler ini adalah mengikuti pendidikan dan pelatihan mengenai kepalangmerahan, kegiatan  yang paling saya ingat adalah memberikan pertolongan pertama dan mengelola Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Selain kegiatan PMR, salah satu kegiatan yang paling kita kenal dari PMI adalah donor darah. Melalui program donor dari ini, masyarakat diajak untuk memiliki rasa empati terhadap sesama manusia sebagai bagian dari nilai kesetiakawanan sosial. PMI juga terus meningatkan persediaan darah dengan beberapa cara penggalangan, salah satunya menambah jumlah tempat pengambilan darah. Meskipun saya belum pernah mendonorkan darah karena berat badan saya kurang dari 45 kg, akan tetapi saya sering mendengar dan melihat kegiatan PMI dalam penggalangan darah. Setelah mengetahui sebagian kecil kegiatan PMI, yuuk kita mengenal lebih jauh lebih jauh.
Kegiatan Donor Darah oleh PMI
Sumber : http://pmidkijakarta.or.id/

Palang Merah Indonesia atau PMI merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan. Tidak hanya berperan dalam Donor Darah dan penyediaan ambulan saja, PMI memiliki peran penting dalam bidang kemanusiaan, terutama ketika terjadi bencana. Tugas PMI ketika terjadi bencana antara lain : membuka posko dan penggalangan bantuan, memberikan pertolongan pertama pada korban, evakuasi, pelayanan kesehatan, memberikan tempat penampungan sementara hingga membuat dapur umum untuk korban bencana. Selain itu, beberapa kegiatan sosial lainnya yaitu memberikan pelayanan dukungan psikososial bagi korban terdampak bencana, pelayanan pemulihan hubungan keluarga, pembinaan generasi muda dan relawan, pengelolaan air bersih, dan sosialisasi atau diseminasi kepalangmerahan. Berbagai aktivitas dan program lengkap PMI dapat dilihat di sini http://pmidkijakarta.or.id/. 
Sumber : http://pmidkijakarta.or.id/
Salah satu program PMI untuk menggalang dana adalah melalui program Bulan Dana PMI. Melalui PROGRAM ini, PMI mengajak kita untuk berpartisipasi dan berperan nyata dalam mendukung berbagai program kemanusiaan untuk menolong korban bencana alam atau pun membantu sesama kita yang membutuhkan bantuan. Seperti kita ketahui, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menolong sesama bersama PMI, satu diantaranya dengan mendonorkan darah. Namun, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk membantu terlaksananya program PMI secara optimal, yaitu dengan menyumbangkan sebagian harta yang kita miliki melalui PMI. Bantuan dana ini akan dikelola dan disalurkan kepada saudara kita yang membutuhkan. Untuk menyumbangan dana, caranya sangat mudah. Kita bisa transfer ke salah satu dari tiga nomor rekening di bawah ini :
1.    Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

2.    Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

3.     Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

Dana hasil donasi Bapak/ Ibu tersebut akan dialokasikan untuk kegiatan kemanusiaan sesuai program-program yang telah disusun oleh Palang Merah Indonesia. Segala kegiatan dan program yang dilaksanakan PMI akan di bagikan di website http://pmidkijakarta.or.id/ dan akun twitter @PMI_DKI_Jakarta. Melalui website dan akun twitter ini kita dapat memantau secara langsung segala bentuk kegiatan yang dilaksankaan oleh PMI untuk saudara-saudari kita yang membutuhkan.

Terkadang kita memiliki niat baik, namun belum bisa mewujudkannya. Melalui Bulan Dana PMI ini, kita bisa merealisasikan niat kita untuk membantu saudara-saudari kita. Ayo Peduli Sesama. Bukankah rasanya senang dan puas ketika kita bisa bermanfaat untuk orang lain?

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel saya, semoga bermanfaat. 
Share on Google Plus

About cristoper

0 komentar:

Posting Komentar