Desa Wisata Melikan, Klaten

       Desa Wisata Melikan terletak di Desa Melikan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Desa Wisata ini terletak sekitar 12 km di sebelah timur Kota Klaten dan mudah dijangkau searah dengan obyek wisata Rowo Jombor, Gua Maria, Gunung Jabalkat dan Makam Pandanaran. Untuk mencapai desa wisata ini dapat dijangkau dengan angkutan pedesaan jurusan Bayat-Klaten dengan kondisi jalan yang sudah bagus untuk dilalui kendaraan pribadi maupun umum.
        Desa Wisata Melikan dirintis oleh Gubernur Jawa Tengah, Mardiyanto pada tanggal 14 April 2005 bersamaan dengan peresmian laboratorium keramik. semenjak peresmian masyarakat Desa Melikan mulai memperbaiki sistem pengelolaan desa wisata dan aktif menjadi desa wisata pada tahun 2010. 
        Desa wisata ini memiliki beberapa daya tarik, antara lain : telusur sungai dan jelajah desa, camping ground, tracking dan sepeda sehat di kawasan Sumur Badhung. Selain itu terdapat juga kerajinan gerabah dan keramik, batik, souvenir, perikanan, warung makan dan homestay.
        Pemasaran Desa Wisata Melikan dilakukan melalui internet, brosur dan travel agent oleh pengelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Klaten. Kunjungan wisatawan ke desa wisata ini biasanya dilakukan dengan tujuan belajar membuat gerabah sekaligus berwisata. Banyak juga wisatawan mancanegara yang berkunjung ke desa wisata ini. Wisatawan mancanegara yang pernah berkunjung sebagian besar berasal dari Jepang, Kanada, Amerika, Australia dan Swiss.
       
Share on Google Plus

About cristoper

0 komentar:

Posting Komentar