Wisata Malino Sulsel | Tempat Wisata di Makassar

Tempat wisata Malino Gowa Sulawesi Selatan.

hutanwisatamalinogowa
Bagi Anda yang menyukai pegunungan  dan segala kebaikan alam yang diberikan oleh pegunungan seperti udara yang sejuk, segar, bersih dan sehat, air pegunungan yang dingin dan menyegarkan, pemandangan hijau yang menakjubkan, buah dan sayur segar, susu segar yang hangat dan lain-lainnya maka berwisata di daerah pegunungan adalah pilihannya dan Puncak Malino adalah salah satu tempat wisata yang dapat Anda kunjungi bila sedang berada di Makassar.



Persiapan ke Obyek Wisata Malino.

Saya dan keluarga kebetulan telah berlibur ke  Obyek Wisata Malino di penghujung bulan maret 2016. Pada hari Jumat sehari sebelum kami pergi ke Puncak Malino, dua orang dari anggota keluarga kami lebih dulu kesana untuk survei dan mencari villa di Malino yang nyaman untuk disewa karena kami khawatir tidak mendapatkan villa bila tidak memesan sebelumnya.

Akhirnya kami mendapatkan sebuah villa sederhana yang memiliki empat kamar tidur, ruang tamu yang cukup luas, dapur yang spacious lengkap dengan peralatan memasak dan 1 kamar mandi (ada 1 kamar mandi  lagi milik pemilik villa yang tinggal di lantai bawah yang bisa digunakan saat darurat). Sayang sekali salah satu fasilitas villa yaitu tv sedang rusak.

Jaket atau sweeter adalah satu perlengkapan yang tidak lupa kami bawa karena di malam hari, di pagi hari dan di sore hari suhu udara di wisata malino Gowa sangat dingin apalagi saat turun hujan. Tidak lupa juga membawa pasta gigi dan odol. Ternyata menggosok gigi dengan air pegunungan yang dingin lebih ampuh untuk merontokkan plak-plak yang melengket di gigi (menurut pengamatan saya sendiri).

Tidak lupa juga kami membawa colokan listrik T karena biasanya di Villa jumlah colokan listrik sangat terbatas. Snack, mie instan, minuman, minyak goreng, beras, sambal dan kecap botol dan lain lain juga kami bawa dari rumah karena lebih murah bila di bandingkan dengan membeli di toko-toko di tempat wisata Malino Gowa. Kecuali sayuran tidak perlu dibawa dari rumah karena agrowisata malino adalah daerah penghasil sayuran sehingga harga sayuran di daerah ini lebih murah.

Pada hari Sabtu pagi, semua perlengkapan sudah siap kami bawa termasuk makanan siap saji (rawon, ayam goreng tumis kecap) untuk makan siang di Villa di objek wisata Malino.


Perjalanan ke Wisata Malino dari Makassar

Untuk menuju wisata alam Malino Sulsel dari Makassar dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan mobil. Bagi yang menyukai kecepatan, waktu tempuh dapat dipersingkat menjadi 1,5 jam. Meskipun begitu, selama perjalanan ke tempat wisata alam Malino perlu hati-hati karena kondisi jalan saat turun hujan akan licin serta banyaknya tikungan, turunan dan tanjakan. Pada akhir pekan bisa jadi akan banyak kendaraan baik yang menuju atau yang meninggalkan daerah Malino sera truk-truk roda 6 dan 10 yang mengangkut material bahan bangunan.

Setelah meninggalkan Makassar dan memasuki wilayah Gowa terutama Jalan Poros Malino, setidaknya kita akan melewati 2 tempat wisata yaitu Wisata Kebun Gowa dan Bili Bili Resort.

wisatamalinogowa_image1

Bili Bili Resort adalah sebuah kawasan bendungan yang terbesar di Sulawesi Selatan yang memiliki pemandangan yang eksotis seperti gambar di samping. Terdapat lokasi wisata kuliner di tepi bendungan Bili Bili yaitu lesehan Bili Bili yang menjual kuliner khas Bili Bili ikan nila baik ikan nila bakar maupun goreng lengkap dengan sayur dan sambal rica rica.

Lesehan Bili Bili adalah persinggahan kami berikutnya setelah pulang dari lokasi wisata malino untuk makan malam.


Villa di Wisata Alam Malino Sulawesi Selatan

Begitu memasuki kota wisata Malino dan menyusuri jalan utama Malino, kita akan melihat wisma, penginapan wisata alam Malino, hotel dan villa yang berjejer di pinggir Jalan. Akan tetapi Villa tidak saja  kita jumpai di sekitar jalan utama akan tetapi tersebar di hampir seluruh kawasan Malino dimana jaraknya dari jalan utama bisa sampai beberapa kilo meter. Beberapa villa di Malino yang pernah kami tempati di antaranya Villa Ariandi dekat wisata  kebun teh Malino, sebuah villa dekat Wisata Malino Highlands, Villa Lembah Biru (dari pertigaan jalan utama belok ke kiri), Villa di sekitar Taman Berkuda Hutan Pinus, Villa dekat Wisata Air Terjun Seribu Tangga Malino dan sebuah Villa di jalan menuju Wisata Air Terjun Takapala Malino.

Sumber : Wisata Malino Makassar

 Tempat wisata Malino Gowa Sulawesi Selatan.

Share on Google Plus

About cristoper

1 komentar: