WISATA KULINER TERKENAL DI MAKASSAR - SEAFOOD MAKASSAR

Seafood adalah salah satu kuliner yang sangat diminati tidak hanya oleh warga Makassar tetapi juga oleh para pendatang. Ada banyak warung atau rumah makan yang menjual seafood yang lezat di Makassar, dan berikut ini adalah beberapa diantaranya (urutan tidak berdasarkan kriteria apapun) :



#1 Rumah Makan Seafood Paotere Makassar
Rumah makan Paotere Makassar berada di Jalan Sabutung Baru No. 46. Dinamakan Paotere mungkin karena rumah makan ini berada dekat sekali dengan Pelabuhan Paotere atau mungkin karena hasil laut yang dijual di rumah makan ini berasal dari Pelabuhan Paotere.

Bagi Anda yang berkunjung ke Makassar dan menyukai traveling serta penggemar seafood, sangat disayangkan bila tidak mengunjungi Pelabuhan Paotere, pelabuhan bersejaran peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Pemandangan laut di Pelabuhan Paotere, perahu Phinisi yang unik dan bersejarah yang bersandar, aktivitas para nelayan dan pemandangan bermacam-macam ikan laut segar yang diperdagangkan akan menjadi obyek jepretan yang sangat menarik buat kamera gadget Anda.

Waktu yang terbaik untuk berkunjung ke Pelabuhan Paotere adalah di pagi hari karena waktu ini adalah puncak kegiatan transaksi jual beli hasil laut di PPI Potere Makassar. Setelah lelah menikmati pemandangan di Pelabuhan Paotere dan perut sudah mulai lapar, kunjungan selanjutnya dapat diarahkan ke venue kuliner yang terkenal di Makassar yaitu Rumah Makan Seafood Paotere yang berada dekat dari Pelabuhan ini. Rumah makan yang memiliki cabang di Jalan Pettarani Makassar (samping Hotel Clarion) dan di jalan Perintis Kemerdekaan Makassar ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi.

Menu yang tersedia di Rumah Makan Paotere adalah hasil laut yang dimasak dengan cara di bakar dan di goreng diantaranya bermacam-macam ikan seperti ikan baronang, ikan sunu, ikan cepa, udang, cumi-cumi dan lain lain.

Beberapa Rumah Makan Seafood di Jalan Lamadukelleng Makassar
Jalan Lamadukelleng adalah salah satu jalan yang berhubungan langsung dengan Jalan Penghibur yang merupakan jalan yang berada di tepi pantai Losari.

Bagi Anda yang berkunjung ke Makassar dan menyukai traveling serta penggemar seafood, sangat disayangkan bila tidak mengunjungi Pantai Losari yang memiliki view pulau-pulau kecil dan view Pelabuhan Makassar. Waktu pagi dan waktu sore menjelang senja adalah waktu terbaik untuk menikmati pemandangan Pantai Losari Makassar.

Dan bila Anda ingin menikmati seafood, hanya beberapa puluh meter dari Pantai Losari terdapat bebrapa rumah makan seafood yang dapat Anda pilih diantaranya adalah :

#2 Rumah Makan Seafood Ratu Gurih di Jalan Lamadukelleng

Salah satu menu favorit penulis bila berkunjung ke rumah makan seafood Ratu Gurih Makassar selain woku adalah ikan bakar rica-rica karena penulis adalah termasuk penggemar masakan pedas. Sambil menunggu ikan bakar rica-rica diolah, penulis biasanya memesan otak-otak sebagai makanan pembuka sambil menunggu makanan utama siap di hidangkan. Bahan utama dari otak-otak adalah daging ikan yang digiling halus, tepung dan bumbu-bumbu tertentu yang dibungkus dengan daun pisang. Dan minuman sebagai penutup, penulis lebih suka jus tomat campur wortel.

Ini adalah beberapa menu seafood di Ratu Gurih Seafood Restaurant :


 Ikan Woku Kawanua (Sumber gambar : www.facebook.com/ratugurih)


Kepiting Saos Singapore (Sumber gambar : www.facebook.com/ratugurih)

Kepiting Asap (Sumber gambar : www.facebook.com/ratugurih)

#3 Rumah Makan Seafood Dinar di  Jalan Lamadukelleng
Daftar Menu Makanan di RM Seafood Dinar :
SOUP : Burasa, Cotto Makassar, Pallubasa, Pallumara, Sapo Tahu Jamur, Sapo Tahu Seafood, Soup Asparagus, Soup Buntut, Soup Jagung, Soup Kepala Ikan.
KERANG : Kerang Bambu, Kerang Dara, Kerang Ijo Goreng Garing, Kerang Ijo Sambal Pete, Kerang Ijo Saus Padang, Kerang Ijo Saus Tiram, Kerang Kampak Bawang Putih, Kerang Kepa Sambal Pete, Kerang Kepa Tauco, Kerang Macan, Kerang Macan Rebus.
TRADISIONAL : Bakwan Jagung, Otak-otak Bakar, Otak-otak Goreng, Pete Bakar, Pete Blacan, Pete Goreng, Sambel Terasi, Sate Ayam, Tahu Kipas, Tahu Nenek Moyang, Tahu Polos.
KEPITING : Kepiting Betina, Kepiting Betina Jumbo, Kepiting Dobo Betina, Kepiting Dobo Jantan, Kepiting Jantan, Kepiting Jantan Jumbo, Kepiting Kare Soun, Kepiting Soka Lada Garam.
CUMI :  Cumi Ala Dinar, Cumi Goreng Mentega, Cumi Goreng Tepung, Cumi Lada Garam, Cumi Saos XO, Cumi Telor Bakar, Cumi Telor Saus Padang, Cumi Tumis Cabe Hijau.
NASI, MIE, BIHUN :  Bihun Goreng Seafood, Mie Goreng Seafood, Mie Goreng Ultah, Nasi Goreng, Nasi Goreng Ikan Asin, Nasi Goreng Komplit, Nasi Goreng Seafood, Soun Goreng Seafood.
IKAN : Aji-aji Bakar, Bandeng Bakar, Bandeng Tanpa Duri, Baronang Bakar, Bawal Mutiara Bakar, Bawal Mutiara Tim, Bawal Putih Bakar, Bawal Putih Goreng, Bawal Putih Tim, Gule Kepala Kakap, Gurame Asam Manis, Gurame Bakar, Gurame Goreng Garing, Gurame Sambal Mangga, Gurame Tausi, Kaci-kaci Bakar, Krapu Bakar, Krapu Goreng Rica, Krapu Lodi Bakar, Krapu Lodi Tim, , Krapu Lumpur Bakar, Krapu Lumpur Tim, Krapu Macan Bakar, Krapu Macan Tim, Krapu Sambal Tauco, Krapu Tim, Kudu-kudu Bakar, Kwe Gepeng Bakar, Kwe Lilin Bakar, Kwe Mangali Bakar, Malas Tim, Papakulu Bakar, Sukang bakar, Tapi-tapi Bakar, Titang Bakar.
SAYURAN :  Asparagus Cah Bawang Putih, Baby Kailan, Genjer Bawang Putih, Genjer Blacan, Kacang Panjang Cah Ebi, Kacang Panjang Lada Garam, Kacang Panjang Tumis Daging, Kangkung Bawang Putih, Kangkung Blacan, Kangkung Polos, Kangkung Tauco, Pocay Cah Bawang Putih, Sayur Asem, Tauge Ikan Asin, Tauge Polos,Terong Bakar,Terong Balado, Terong Balado Pete, Terong Pete Saus Padang, Terong Sambal Teri, Terong Telor Asin, Tomeo Bawang Putih.
UDANG : Lobster Bakar, Lobster Telor Asin, Salad Lobster, Udang Apollo, Udang Asam Manis, Udang Balado Pete, Udang Bawang Putih, Udang gala telor Bakar, Udang Gandum, Udang Goreng Kering, Udang Goreng Mentega, Udang Goreng Tepung, Udang Kipas, Udang Lada Hitam, Udang Mayonaise, Udang Pancet Hidup, Udang Saus Padang, Udang Saus XO, Udang Telor Asin, Udang Tusuk.
AYAM :  Ayam Pasta Terasi, Dada Ayam Bakar, Dada Ayam Goreng, Paha Ayam Bakar, Paha Ayam Goreng.

Sumber : RM Seafood Dinar

#4 Rumah Makan Seafood Losari Jalan Lamadukelleng
#5 Rumah Makan Seafood Nelayan Jalan Ali Malaka
#6 Rumah Makan Seafood Bahari di Jalan Yosef Latumahina 

Makassar adalah kota yang memiliki sumber daya laut yang melimpah sehingga warung dan rumah makan seafood tidak mengalami kesulitan dalam menyediakan ikan segar, kepiting segar, cumi-cumi segar, udang segar dan hasil laut segar lainnya. 

Share on Google Plus

About cristoper

0 komentar:

Posting Komentar