6 TEMPAT WISATA DI GALESONG TAKALAR

Wilayah Galesong yang berada di kabupaten Takalar ini terbagi menjadi 2 yaitu Galesong Utara dan Galesong Selatan dimana di kedua bagian wilayah ini terdapat tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh warga yang berada di sekitar tempat wisata tersebut dan juga dikunjungi oleh warga dari luar Galesong bahkan dari luar negeri.



Setelah penulis melakukan searching dan survey, penulis mendapati dua tempat wisata di Galesong Utara yaitu Wisata Pantai Galesong dan Kolam Renang Prima atau Prima Waterboom. Di wilayah Galesong Selatan terdapat 4 tempat wisata yaitu Wisata Pantai Bintang Galesong, Kolam Renang Rita atau Taman Wisata Rita, Pulau Sanrobengi dan Pelabuhan Nelayan Boddia.

#1 Wisata Pantai Galesong  

Wisata Pantai Galesong berada di desa Sampulungan Galesong Utara Takalar. Tempat wisata yang cukup dekat dari Makassar ini memiliki beberapa fasilitas diantaranya adalah tempat penginapam yang berada di 3 lantai mulai dari ukuran small room, medium room hingga family room, terdapat juga fasilitas cafe yang berada di dua lokasi dengan jumlah tempat duduk yang cukup banyak (dimana satu cafe memiliki tempat duduk yang dapat menampung hingga 100 orang). Terdapat juga dua kolam renang (kolam renang dewasa dan kolam renang anak-anak), gazebo-gazebo yang mengelilingi kolam renang serta gazebo-gazebo yang mengelilingi separuh dari total luas tempat wisata ini. Terdapat juga fasilitas bermain anak-anak seperti sepeda, mobil dan motor atv, perahu ayun dan lain lain. Ada juga wahana permainan air seperti banana boat dan jetski. Selain memiliki view pantai dan laut yang indah, Wisata Pantai Galesong juga dipenuhi dengan pepohonan sehingga tempat wisata ini rindang dengan udara yang sejuk dan segar.

Tempat wisata di Makassar yang satu ini berada 10 km dari Pantai Losari dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan mengendarai mobil. Meskipun cukup dekat dengan Pantai Losari namun tempat wisata ini tidak masuk dalam wilayah kota Makassar akan tetapi masuk wilayah Kabupaten Takalar.


Wisata Pantai Galesong Utara Takalar sangat cocok sebagai tempat rekreasi baik untuk pengunjung pasangan, keluarga, komunitas atau perusahaan yang mau mengadakan acara gathering, training atau merayakan ulang tahun atau hari jadi karena obyek wisata ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, bersih, hijau, aman dan nyaman.



Beberapa fasilitas yang disediakan oleh Wisata Pantai Galesong Utara Takalar diantaranya area parkir yang luas, jumlah personel keamanan dan kebersihan yang memadai, penginapan yang bagus, bersih, nyaman dengan harga yang terjangkau, loby penginapan yang luas, kolam renang dewasa dan balita, gazebo-gazebo yang disediakan secara gratis dan dengan jumlah yang cukup banyak, fasilitas permainan anak-anak seperti skuter, ATV, motor cross, kereta, perahu ayunan, fasilitas permainan di laut seperti jetski, banana boat, perahu tradisional, permainan outbond, 2 cafe yang cukup besar, penginapan /hotel dengan jumlah kamar yang cukup banyak dengan bebrapa pilihan ukuran diantaranya big room, medium dan small room, terdapat juga fasilitas 3 aula dengan ukuran besar dan sedang.


Tempat rekreasi terbesar di Galesong Takalar ini tepat berada di tepi pantai dengan ombak yang tenang terutama di pagi hari. Pengunjung yang suka berenang di laut dapat menikmati hangatnyanya air laut di pagi hari. Pengelola meyediakan pelampung bagi pengunjung yang ingin menyewa. Pengunjung juga dapat menyewa perahu tradisional yang selalu stand by di tepi pantai baik untuk tujuan berkeliling menikmati petualangan di laut sambil menikmati pemandangan aktivitas para nelayan maupun pengunjung dapat menyewa perahu tersebut untuk memancing.


Penginapan / hotel yang disediakan oleh Wisata Pantai Galesong saat ini menjadi penginapan / hotel yang terbesar dan dengan jumlah kamar terbanyak diantara penginapan / hotel yang dimiliki oleh tempat wisata lain seantero Takalar. Dilantai satu terdapat beberapa kamar yang memiliki kapasitas delapan orang dalam 1 kamar. Dilantai 2 terdapat beberapa kamar dengan kapasitas sampai 4 orang dan  dan dilantai 3 terdapat beberapa kamar dengan kapasitas per kamar 2 orang (mungkin saja pengelola mengijinkan penambahan jumlah orang yang menghuni di semua jenis kamar).



Terakhir kali penulis menginap di wisata pantai Galesong tepatnya di kamar lantai 1 yang kapasitasnya 8 orang dan check in di hari jumat, harga penginapan wisata pantai galesong Rp. 590.000,- (chick in di hari sabtu dan minggu  harga kamar wisata pantai galesong beda dengan check in di hari senin - jumat). Penulis mendapatkan 4 free tiket masuk dan  selebihnya membayar harga tiket masuk pantai galesong dengan htm Rp. 20.000,- per orang di hari Jumat.


Salah satu obyek wisata di Takalar ini memiliki lingkungan yang hijau, bersih, rindang dan udara yang sejuk. Di sela-sela pepohonan terdapat beberapa jenis permainan dan memiliki sirkuit tersendiri untuk permainan atv dan motor cross. Dengan banyaknya jenis permainan tentunya anak-anak akan merasa senang dan tidak bosan.



Pengelola Wisata Pantai Galesong Utara Takalar ini memperbolehkan pengunjung untuk membawa makanan jadi, meskipun tempat rekreasi ini juga memiliki cafe yang menyediakan aneka makanan dan minuman.


Bila Anda belum pernah mengunjungi tempat wisata ini dan bagi Anda yang berasal dari luar kota dan kebetulan sedang berada di Makassar, sangat di sayangkan bila tidak meluangkan waktu untuk menikmati liburan Anda di tempat wisata ini. 

Alamat Wisata Pantai Galesong Utara Takalar berada di desa Sampulungan Galesong. Bila Anda ingin melakukan reservasi kamar penginapan / hotel di tempat rekreasi ini, Anda dapat menghubungi nomor telepon ini 0852 42851798.


#2 Kolam Renang Prima 

Di Galesong Utara juga terdapat tempat wisata yaitu Kolam Renang Prima. Tempat wisata yang juga dekat dari Makassar ini memiliki fasilitas diantaranya dua kolam renang dimana pada masing-masing kolam renang terdapat seluncuran. Terdapat juga beberapa Gazebo di sekitar kolam renang. Fasilitas lainnya adalah cafe dan musik.




#3 Wisata pantai Bintang Galesong

Salah satu tempat wisata di Galesong Selatan adalah Wisata Pantai Bintang Galesong yang berada di Desa Kassi Lompo dan berada dekat dengan Pelabuhan Nelayan Boddia. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata ini diantaranya adalah penginapan, tiga kolam renang, cafe, gazebo, tempat bakar ikan, banana boat, penyewaan perahu nelayan tradisional, musik stage dan lapangan futsal. Tempat wisata ini tepat berada di tepi pantai sehingga pengunjung juga dapat berenang di laut.



Tempat wisata di Galesong (tepatnya di Kec. Galesong Takalar, +/- 20 km dari Pantai Losari Makassar) yang memiliki fasilitas adventure salah satunya adalah Wisata Pantai Bintang Galesong. Tempat wisata ini cukup dekat jaraknya dengan pulau kecil Sanrobengi yang indah yang memiliki pasir putih. Pengunjung Wisata Pantai Bintang Galesong dapat menikmati pengalaman berpetualang menuju Pulau Sanrobengi baik dengan menggunakan speed boat atau dengan menggunakan perahu nelayan tradisional.

Setelah puas berpetualang di laut, Anda dapat melanjutkan berenang di kolam renang atau bersantai menikmati hidangan yang tersedia dicafe. Jus buah segar atau es kelapa muda akan terasa nikmat apalagi ditambah dengan pisang goreng keju coklat yang hangat, sambil menikmati view laut dan kolam renang yang berada tepat dihadapan cafe layar. Anda dapat juga beristirahat di balai-balai bambu atau gazebo atau kamar penginapan yang tersedia di tempat wisata ini.

Sangat menyenangkan memang bila pergi berlibur ke pantai bersama keluarga atau bersama anggota komunitas atau bersama teman-teman sekolah, teman kampus atau rekan kerja sambil menikmati ikan bakar dan makanan buatan sendiri. Sangat sulit ditemui sebuah tempat wisata yang memperbolehkan pengunjung untuk membawa ikan segar dan masakan siap saji ke area tempat wisata apalagi tempat wisata yang mau menyediakan secara gratis fasilitas peralatan bakar ikan.
Tetapi kabar baiknya, di Wisata Pantai Bintang Galesong, pengunjung diperbolehkan membawa makanan siap saji. Diperbolehkan juga membawa ikan segar atau daging mentah lalu di asap/dibakar di salah satu sudut tempat wisata ini. Wisata pantai Bintang Galesong menyediakan peralatan bakar ikan atau ayam atau daging atau sosis bagi para pengunjungnya.

BBQ Corner adalah salah satu area terbuka dibawah pohon rindang dengan view laut dan kolam renang di Bintang Galesong dimana pengunjung dapat melakukan aktivitas BBQ dengan segala kemudahan dan kenyamanan yang di berikan oleh Wisata Pantai Bintang Galesong seperti tempat mencuci ikan, balai-balai bambu sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang bawaan dan gazebo-gazebo yang dapat Anda pergunakan sesuai dengan kebutuhan.

Selain fasilitas penginapan, indoor sport, banana boat, perahu penyeberangan, cafe, bbq corner, aula dan kolam renang, Wisata Pantai Bintang Galesong memiliki fasilitas hiburan lain yaitu music electon on the stage.

Disetiap hari Minggu dan Hari Raya, Wisata Pantai Bintang Galesong menghadirkan hiburan berupa live music electon. Pengunjung dapat unjuk kebolehan menyanyi, dance atau berjoget dangdut di atas stage ini.


#4 Pelabuhan Nelayan Boddia

Pelabuhan Nelayan Boddia sendiri bagi sebagian orang dapat dijadikan sebagai sebuah tempat wisata dimana pemandangan laut dan pulau Sanrobengi dapat dinikmati dari pelabuhan ini, juga pemandangan perahu-perahu tradisional nelayan, aktivitas nelayan dan melihat-lihat hasil tangkapan nelayan akan menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian orang.


#5 Pulau Sanrobengi Yang Eksotis

Hanya 5 - 10 menit dari Wisata Pantai Bintang Galesong atau dari pelabuhan Boddia terdapat pulau kecil dengan nama pulau Sanrobengi. Ada beberapa pelahu nelayan yang bersedia mengantar tamu menuju pulau Sanrobengi dengan harga sekitar Rp. 25.000,- per orang.


Di pulau kecil Sanrobengi ini Anda dapat menikmati beberapa kenikmatan yang asli disediakan oleh tempat ini diantaranya pasir putih, air laut yang jernih hingga nampak ikan-ikan di karang, matahari pagi dan sunset serta pepohonan yang rindang.

Pulau Sanrobengi menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang penuh petualangan yang dimulai dengan naik perahu nelayan atau speed boat atau jetski menuju pulau ini kemudian sesampainya di pulau ini Anda dapat beraktivitas seperti berenang, memancing, snorkling, berjemur, voli pantai atau bakar ikan. Tempat yang memiliki potensi wisata di Galesong Takalar ini juga memiliki beberapa fasilitas outbond.

Satu lagi yang menarik dari tempat wisata di Galesong Takalar Pulau Sanrobengi adalah pulau ini beberapa kali dijadikan sebagai tempat festival nelayan dan pada bulan-bulan tertentu terlihat pemandangan dimana pulau ini dikelilingi oleh perahu-perahu nelayan yang akan berangkat/berlayar untuk berburu telur ikan terbang.


#6 Taman Wisata Rita 

Satu lagi tempat wisata di wilayah Galesong Selatan yaitu Kolam Renang Rita atau Taman Wisata Rita. Bila dari Arah Makassar maka posisi kolam renang Rita adalah setelah Wisata Pantai Bintang Galesong. Kolam renang Rita berada beberapa meter dari pantai dan dikelilingi oleh tembok yang merupakan bagian terluar dari tempat wisata ini sehingga pengunjung tidak mendapatkan view langsung ke laut. Kolam renang Rita memiliki beberapa fasilitas diantaranya dua buah kolam renang yang ada seluncurannya, cafe, musik, gazebo-gazebo, beberapa arena permainan serta pepohonan yang rindang sehingga pengunjung dapat menikmati udara yang sejuk dan segar.






Selain tempat wisata, Galesong juga terkenal dengan produk laut yaitu telur ikan terbang dan rajungan  disamping produk-produk hasil laut yang lain. 

Jadi bila Anda bingung mau liburan kemana lagi? Tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi salah satu atau semua tempat wisata yang ada di Galesong Takalar.
Share on Google Plus

About cristoper

0 komentar:

Posting Komentar